Wednesday, August 2, 2017

Pola Makan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Saat sedang mencoba menurunkan berat badan, waktu atau momen  sama pentingnya dengan apa yang Anda makan. Ada aturan sederhana untuk menyesuaikan waktu Anda makan dengan menu yang akan Anda santap, supaya program diet lebih efektif. Jelasnya, silakan simak di bawah ini.



Makan 3 Kali Sehari

Pola makan klasik yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam akan efektif untuk menurunkan berat badan, ketika setiap porsi cukup besar untuk membuat Anda kenyang, tetapi asupan total kalori harian lebih rendah dari yang Anda keluarkan.

Penting bagi Anda untuk mengonsumsi setidaknya 30 gram protein setiap kali makan untuk memaksimalkan sintesis protein. Sintesis protein adalah strategi kunci untuk melindungi otot Anda selama diet. Otot yang kuat dan sehat sangat penting untuk metabolisme pembakaran energi dan lemak.

Pola ini cocok untuk: Mereka yang memiliki jadwal kerja yang kaku,  yang hanya memungkinkan untuk makan pada waktu yang ditetapkan tanpa ada kesempatan meninggalkan meja kerja untuk  ngemil sore.



Makan porsi kecil 4-5 Kali Sehari

Pola ini sangat populer di kalangan para pelaku diet. Anda dianjurkan makan tiga kali sehari, diseling dua kali ngemil di antara jadwal makan utama.  Pengaturan makan seperti ini, akan membuat Anda merasa kenyang dan memberikan keseimbangan kalori sepanjang hari.

Pola ini cocok untuk: Orang yang hobi ngemil. Anda dapat menghalau nafsu makan berlebih tanpa mengubah gaya makan terlalu drastis. Yang penting, pilih makanan ren rendah kalori, lemak dan gula. Pola diet ini juga cocok untuk orang dengan hipoglikemia reaktif, suatu kondisi dimana kadar gula darah turun terlalu rendah tak lama setelah makan, yang membuat penderitanya pusing dan lemas.



Makan Selama Sesi Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga kemampuan  otot Anda untuk membakar karbohidrat jadi lebih optimal. Untuk menjaga kadar insulin, makan selama sesi olahraga boleh dicoba. Pilih makanan yang merupakan sumber karbohidrat dan protein dari sumber yang juga sehat seperti sayuran hijau, biji-bijian, ikan dan daging rendah lemak.

No comments:

Post a Comment